Rahasia Bisnis Internet
Selasa, 05 Maret 2013

Perencanaan Usaha Wiraswasta

Perencanaan ini dibuat untuk masa depan usaha yang akan dijalankan dengan memaparkan apa dan bagaimana rencana usaha itu. Tanpa adanya perencanaan, uang yang akan ditanamkan itu bisa jadi hilang percuma dan tak berbekas. Perencanaan juga menjadi bagian dari manajemen resiko yang mungkin akan ditanggung nantinya. Oleh karena itu, sangat penting mempelajari bagaimana membuat satu perencanaan dan mencari peluang usaha wiraswasta.

Berikut ini dijelaskan beberapa perencanaan usaha wiraswasta.

Konsep

Konsep yang memaparkan secara detail jenis usaha yang digeluti, produknya seperti apa, dan bagaimana cara menyukseskan usaha tersebut. Lihat peluangnya. Perhatikan target pasarnya. Adakah satu celah yang bisa dimasuki sebelum melemparkan produk ke pasaran. Apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen dan bagaimana mendapatkan bahan baku.

Market

Di sini dibahas konsumen dan persaingan usaha. Kita harus mengetahui konsumen dan pesaing-pesaing usaha kita. Hal ini bertujuan untuk memenangkan persaingan. Kalau di satu tempat sudah ada usaha yang sama, itu artinya dibutuhkan usaha yang ekstra keras agar bisa membuat usaha yang baru dirintis mengalami meningkatan penjualan dalam waktu singkat. Hal ini memang mudah untuk dibayangkan tetapi kenyataannya, kesabaran dan ketekunan sangat dibutuhkan.

Keuangan

Hal ini paling penting dalam memulai usaha. Tanpa modal, musatahil sebuah usaha akan berjalan lancar. Siapkanlah keuangan Anda. Selain itu, buat estimasi modal dan keuntungan usaha. Kalaupun modal belum cukup, mengajak orang lain untuk bekerja sama mungkin ada baiknya. Kalau tidak ada yang mau diajak kerja sama, yakinkan diri bahwa usaha itu akan sukses dan bahwa modal akan kembali dalam waktu yang singkat.

Jangan sampai permasalahan modal ini nantinya menjadi masalah besar apalagi kalau sampai menjadi utang yang akan sangat sulit untuk terbayarkan. Pikirkan segala resiko dan bagaimana menghadapi resiko itu. Memang sangat sulit menghadapi hal yang satu ini. Langkah bisa saja terhenti ketika membayangkan tidak kuat menanggung resiko yang mungkin akan terjadi. Itulah sebabnya agar memikirkan dan mempersiapkan diri dengan saksama sebelum melangkah.
Title: Perencanaan Usaha Wiraswasta; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by peluang usaha - nino nurmadi