Rahasia Bisnis Internet
Selasa, 05 Maret 2013

Tips Usaha Dagang atau Jualan Pulsa

Saat ini banyak sekali orang yang membuka usaha untuk jualan pulsa, tentunya hal ini dikarenakan saking banyakya keperluan akan pulsa itu sendiri. Bayangkan saja saat ini satu orang rata-rata mulai memiliki handphone lebih dari 1. Otomatis kebutuhan akan pulsa akan bertambah.
Jualan pulsa, sumber
Aku akan share beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai usaha memajukan usaha dagang/jualan pulsa.
JENIS-JENIS USAHA DAGANG PULSA :
  1. Suplier pulsa = orang pertama yang membeli pulsa dari perusahaan telekomunikasi
  2. Counter Pulsa Dalam Mall, lokasi usahanya berada dalam mall / supermarket yang kanan dan kirinya adalah sesama penjual pulsa. Biasanya nggabung sama jualan HP/aksesoris
  3. Counter Pulsa Dalam Komplek. Biasanya counter ini ada di antara komplek perumahan dimana saingan usaha sejenis berjauhan.
  4. Penjual Pulsa mandiri. Ini adalah orang yang melakukan usaha jualan pulsa sendirian. Secara pribadi menjual pulsa pada orang-orang sekitar dari pribadi ke pribadi. Yang jelas penjual pulsa jenis ini tidak memiliki counter khusus untuk jualan pulsa.
  5. Penjual Pulsa MLM. Ini sama dengan penjual pulsa mandiri tetapi dia terikat pada sebuah sistem MLM.
Oh iya sebelumnya perlu diketahui, apa yang aku share di sini adalah hasil pengamatan dan analisaku serta cerita langsung dari beberapa orang pelaku usaha pulsa. Jadi tak perlu lagi diragukan keabsahannya. :mrgreen:
HARAPAN SEORANG PEDAGANG :
1. Mendapatkan suplier pulsa yang murah
2. Memiliki pelanggan yang banyak
3. Mampu menjual pulsa lebih murah agar banyak pembelinya
4. Pelanggan yang membeli pulsanya setia (tidak membeli di tempat lain)
Karena banyak orang yang memiliki harapan yang sama, maka timbul beberapa permasalahan seperti berikut ini :

PERMASALAHAN YANG DIHADAPI :
1. Harga dari suplier berubah-ubah jarang bisa diperediksi
2. Susah mendapatkan pelanggan
3. Banyak saingan sesama penjual pulsa
4. Susah mendapatkan pelanggan yang tetap
Nah ditengah persaingan usaha counter pulsa, ternyata ada berbagai tips dan trik yang tentunya halal dan sportif untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Berikut ini aku akan share beberapa hal yang dapat dilakukan, sesuai dengan jenis usaha pulsa Anda.

Untuk Jenis 2 dan 3

Kunci sukses usaha pulsa jenis ini adalah keramahan pada pengunjung. Soalnya pembeli tidak bisa dipastikan dan susah sekali untuk jadi langganan. Orang datang ke mall atau ke warung itu tidak terjadwal dan orang yang datang selalu berganti-ganti.
  1. Sama pembeli harus ramah. Jangan sampai pembeli bertanya dulu ada pulsa atau tidak. Buatlah pembeli itu sudah mendapatkan jawaban sebelum ia bertanya.
  2. Perlakukan sama terhadap pembeli apapun tampilan dan berapapun dia beli. Jangan sampai melakukan diskriminasi pelayanan misalnya mengutamakan pembeli yang bergaya dari pada yang kucel. Atau mengutamakan pembeli yang membeli banyak dari pada yang sedikit. Sekali anda mengecewakan orang maka orang itu aku jamin akan kapok belanja di counter anda.
  3. Urutkanlah pelayanan sesuai pembeli itu datang. Jika counter anda ramai, jangan sampai ada pembeli yang baru datang terus dilayani duluan. Pandai-pandailah melayani jangan sampai ada pembeli yang merasa antrinya sia-sia, ini juga akan membuatnya kapok untuk membeli di counter anda.
  4. Dalam memberi harga, harus tau harga pasaran di daerah situ. Ini memang serba susah. Memasang harga yang murah akan dibenci dan dimusuhi sesama pedagang. Kalau memasang harga tinggi, maka tak akan ada pembeli yang datang.
  5. Buatlah sesuatu yang membuat pembeli itu betah di counter anda. Kalau soal ini tergantung pribadi dan keyakinan masing-masing untuk melakukannya mana yang halal dan tidak. Maksudku adalah bahwa untuk menarik banyak pengunjung, banyak counter yang melakukan seperti ini :
    • Yang sebagai pelayan pembeli adalah cewek cakep, seksi dan supel. Sementara untuk kasirnya yang biasa-biasa saja.
Untuk jenis 4 dan 5
Kalau anda adalah penjual pulsa yang mandiri, dalam artian tidak punya counter. Anda menjualanya pada relasi/kenalan/saudara/teman dan sejenisnya, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :
  1. Jangan sampai terkesan ada pemaksaan ketika anda menawarkan pulsa pada seseorang. Efeknya adalah kesan buruk pada diri anda sebagai penjual.
  2. Di sini anda bisa memberikan fasilitas seperti bayar di akhir. Orang-orang yang membeli pulsa pada anda adalah orang yang anda kenal. Contohnya adalah seperti yang dilakukan temanku di satu tempat kerja. Dia memberikan fasilitas bayar kalau sudah gajian (tanggal muda). Bahasa gampangnya adalah pembeli pulsa bolen ngutang dulu.
  3. Usahakan anda dapat melayani permintaan pulsa dimanapun dan kapanpun. Seperti yang dilakukan temenku sangat efektif. Melalu chatting dia bisa dipesani pulsa, melalui sms, melalui telepon dia bisa melayani penjualan pulsa. Ini sangat membantu para pembeli dapat membeli pulsa dimanapun.
  4. Anda bisa memberikan harga yang lebih murah dari pada counter. Ya tentunya jangan sampai rugi. Di sini anda tidak memiliki saingan yang banyak. Soalnya pembeli anda biasanya sudah langganan. Ini akan membuat para pelanggan anda tidak membeli ditempat lain karena harga yagn anda berikan lebih murah.
Dah itu dulu dicoba, apakah ada peningkatan penjualan atau tidak ? itu tergantung kesungguhan anda dalam berusaha dan tentunya berdoa
Title: Tips Usaha Dagang atau Jualan Pulsa; Written by Syamsul Blaker; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Template by peluang usaha - nino nurmadi